POS PAUD ADINDA adalah Bentuk
layanan paud yangpenyelenggaraannya,diintregrasikan dengan layanan Bina
Keluarga Balita (BKB) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Dan bekerja sama
dengan kader PKK POKJA II desa Jinggotan. Dengan kemurahan hati kepala desa
kami diberi pinjaman tempat, bekas gedung SMP Bakti Praja yang telah lama tidak
terpakai. Adapun tenaga pengelola dan pendidik, berasal dari kader TP PKK desa
Jinggotan. Dan tenaga pendidiknya merupakan para tenaga sukarela yang mempunyai
kepedulian, perhatian dan ketulusan terhadap dunia anak usia dini. Kami
memberikan pelayanan khusus anak usia dini 2-4 tahun, yaitu dalam bentuk
pengasuhan bersama dan bermain bersama. Kegiatan belajar mengajar dari POS PAUD
’’ADINDA’’ dilaksanakan seminggu 3 kali, yaitu pada hari Senin, Kamis
Dan Sabtu jam 07.00-10.00 WIB. Alamat "POS PAUD ADINDA" terletak di
Desa Kembang, Jepara, Jawa Tengah.
VISI POS PAUD ’’ ADINDA ’’
Menjadikan generasi penerus yang
bertaqwa , berintelektual , berakhlak mulia , kreatif dan bertanggung jawab.
MISI POS PAUD “ ADINDA “
· Memberikan
layanan pendidikan untuk anak usia dini dan menyeimbangkan
iman dan taqwa.
·
Melaksanakan
kegiatan belajar yang aktif , inovatif , efektif
dan menyenangkan dalam menumbuh kembangkan
potensi anak.
·
Melahirkan
guru yang berkualitas dan mendidik dengan hati
GEDUNG
POS PAUD
Ø
Kondisi Bangunan : Permanen
Ø
Pinjam pakai
PERMAINAN
LUAR
Ø
Ayunan : 3 Buah
Ø
Jaring Panjatan : 1 Buah
Ø
Tangga : 1 Buah
Ø
Jungkritan :1 Buah
ALAT
PERMAINAN SENTRA
Ø
Sentra Balok : Sesuai Standar
Ø
Sentra Persiapan : Sesuai Standar
Ø
Sentra Peran : Sesuai Standar
LATAR BELAKANG
Pendidikan Anak Usia Dini atau
disingkat PAUD adalah suatu payapembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir
sampai dengan usiaenam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan jasmani dan rohani agar anak memiliki
kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan
salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada
peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik
halus dan kasar), kecerdasan (daya
fikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdesan spiritual), sosio emosional
(sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi sesuai dengan keunikan
dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Usia dini (0-6 tahun) merupakan usia
yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian seorang anak
(sering disebut juga sebagai Golden Age, pertumbuhan anak). Usia ini sebagai
usia penting bagi perkembangan intelegensi permanen dirinya. Pada tahun pertama
kehidupannya anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, perkembangan
pada tahun-tahun pertama sangat penting dan menentukan kualitas anak di masa
depan.
Selama tahun pertama otak bayi
berkembang pesat, kepesatan perkembangan itu karena otak bayi menghasilkan
bertrilyun-trilyun sambungan antara sel otak yang banyak melebihi
kebutuhan. Sambungan ini akan semakin kuat apabila sering digunakan,
sebaliknya akan lemah dan akhirnya musnah apabila jarang atau tidak
pernah digunakan. Hasil penelitian menyebutkan apabila anak jarang
disentuh perkembangan otaknya 20-30% lebih kecil dari ukuran normal
anak seusianya.
Selain itu perkembangan intelektual
anak usia 4 tahun lebih mencapai 50% dan pada usia 8 tahun mencapai 80%
selanjutnya usia sekitar 18 tahun perkembangannya telah mencapai 100%. Hal ini
berarti perkembangan yang terjadi pada rentang 4 tahun pertama sama
besar dengan yang terjadi pada rentang usia 5 hingga 18 tahun.
Agar anak dapat tumbuh dan berkembang
secara optimal pelayanan bagi anak tidak hanya terbatas dari sisi
pendidikannya, tetapi harus dilakukan secara terpadu denganaspek lain yang
mempunyai kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, yaitu aspek
kesehatan dan gizi serta aspek pola asuh, perawatan anak.
Dengan demikian apabila intervensi
pelayanan bagi anak usia dini dilakukan secara terpadu (pendidikan,
pengetahuan, perawatan, kesehatan dan gizi) maka akan memberikan hasil yang
lebih optimal dalam mendukung penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas
dimasa mendatang.
Meskipun selama ini pemerintahan dan
masyarakat terus berupaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan pendidikan bagi
anak usia dini, namun pada kenyataannya pada saat ini masih banyak
permasalahanyang harus segera diatasi antara lain :
· Belum semua anak usia
dini memperoleh PAUD.
· Keterbatasan pengetahuan
orang tua Tentang Tumbuh kembang anak
·
Masih terbatasnya pemberian pelayanan pendidikan bagi anak usia
dini yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan layanan
· perawatan, pengasuhan,
kesehatan dan gizi.
silahkan kasih masukan di web kami......
BalasHapus