Selasa, 18 Juni 2013

Pos Paud Adinda



POS PAUD ADINDA adalah Bentuk layanan paud yangpenyelenggaraannya,diintregrasikan dengan layanan Bina Keluarga Balita (BKB) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Dan bekerja sama dengan kader PKK POKJA II desa Jinggotan. Dengan kemurahan hati kepala desa kami diberi pinjaman tempat, bekas gedung SMP Bakti Praja yang telah lama tidak terpakai. Adapun tenaga pengelola dan pendidik, berasal dari kader TP PKK desa Jinggotan. Dan tenaga pendidiknya merupakan para tenaga sukarela yang mempunyai kepedulian, perhatian dan ketulusan terhadap dunia anak usia dini. Kami memberikan pelayanan khusus anak usia dini 2-4 tahun, yaitu dalam bentuk pengasuhan bersama dan bermain bersama. Kegiatan belajar mengajar dari POS PAUD ’’ADINDA’’ dilaksanakan seminggu 3 kali, yaitu pada hari Senin, Kamis Dan Sabtu jam 07.00-10.00 WIB. Alamat "POS PAUD ADINDA" terletak di Desa Kembang, Jepara, Jawa Tengah.
VISI POS PAUD ’’ ADINDA ’’ 
Menjadikan generasi penerus yang bertaqwa , berintelektual , berakhlak mulia , kreatif dan bertanggung jawab.
MISI POS PAUD “ ADINDA “
· Memberikan layanan pendidikan untuk anak usia dini dan  menyeimbangkan iman dan taqwa.
· Melaksanakan kegiatan belajar yang aktif , inovatif , efektif dan menyenangkan dalam menumbuh kembangkan potensi anak.
·   Melahirkan guru yang berkualitas dan mendidik dengan hati   
GEDUNG POS PAUD
Ø  Kondisi Bangunan   : Permanen
Ø  Pinjam pakai
PERMAINAN LUAR
Ø  Ayunan : 3 Buah
Ø  Jaring Panjatan : 1 Buah
Ø  Tangga : 1 Buah
Ø  Jungkritan :1 Buah
ALAT PERMAINAN SENTRA
Ø  Sentra Balok : Sesuai Standar
Ø  Sentra Persiapan : Sesuai Standar
Ø  Sentra Peran : Sesuai Standar
LATAR BELAKANG
Pendidikan Anak Usia Dini atau disingkat PAUD adalah suatu payapembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usiaenam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik
halus dan kasar), kecerdasan (daya fikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdesan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. 

Usia dini (0-6 tahun) merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian seorang anak (sering disebut juga sebagai Golden Age, pertumbuhan anak). Usia ini sebagai usia penting bagi perkembangan intelegensi permanen dirinya. Pada tahun pertama kehidupannya anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, perkembangan pada tahun-tahun pertama sangat penting dan menentukan kualitas anak di masa depan. 

Selama tahun pertama otak bayi berkembang pesat, kepesatan perkembangan itu karena otak bayi menghasilkan bertrilyun-trilyun  sambungan antara sel otak yang banyak melebihi kebutuhan. Sambungan ini akan semakin kuat apabila sering digunakan, sebaliknya  akan lemah dan akhirnya musnah apabila jarang atau tidak pernah  digunakan. Hasil penelitian menyebutkan apabila anak jarang disentuh  perkembangan otaknya 20-30% lebih kecil dari ukuran normal anak  seusianya. 
Selain itu perkembangan intelektual anak usia 4 tahun lebih mencapai  50% dan pada usia 8 tahun mencapai 80% selanjutnya usia sekitar 18 tahun perkembangannya telah mencapai 100%. Hal ini berarti  perkembangan yang terjadi pada rentang 4 tahun pertama sama besar  dengan yang terjadi pada rentang usia 5 hingga 18 tahun.

Agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal pelayanan bagi  anak tidak hanya terbatas dari sisi pendidikannya, tetapi harus dilakukan secara terpadu denganaspek lain yang mempunyai kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, yaitu aspek kesehatan dan gizi serta aspek pola asuh, perawatan anak. 

Dengan demikian apabila intervensi pelayanan bagi anak usia dini dilakukan secara terpadu (pendidikan, pengetahuan, perawatan, kesehatan dan gizi) maka akan memberikan hasil yang lebih optimal dalam mendukung penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dimasa mendatang.
Meskipun selama ini pemerintahan dan masyarakat terus berupaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan pendidikan bagi anak usia dini, namun pada kenyataannya pada saat ini masih banyak permasalahanyang harus segera diatasi antara lain : 
·   Belum semua anak usia dini memperoleh PAUD. 
·   Keterbatasan pengetahuan orang tua Tentang Tumbuh kembang anak
·  Masih terbatasnya pemberian pelayanan pendidikan bagi anak usia dini yang  dilaksanakan secara terintegrasi dengan layanan  
·   perawatan, pengasuhan, kesehatan dan gizi. 

Galeri Pos paud Adinda



1 komentar: